http://avandraimle.my.id/feeds/posts/default

Penting Banget Punya Portofolio Digital. Ini Manfaatnya

     


    Mungkin bagi generasi milineal terutama yang sehari - hari familiar dengan medsos atau bekerja freelance melalui internet, sudah pasti familiar dengan portofolio digital selain itu, dengan online dapat diakses oleh siapa saja juga dimana saja.

Sebelum membahas lebih jauh. Saya terlebih dahulu menguraikan apa itu portfofolio digital ?

Portofolio digital adalah sebuah laman digital yang berisi informasi umum tentang seseorang ( Curiculum vitae ) atau informasi jasa dan usaha terkadang juga bisa diakses secara oline melalui web.

Apa saja isi portofolio digital ?

   Seperti portofolio pada umumnya, portofolio digital berisikan :

1. Resume ; penjelasan tentang apa dan siapa kamu atau bagaimana kamu menjelaskan tentang aktivitasmu selama ini atau, jika portofilio bisnis bisa berisi penjelasan singkat bisnis dan jasamu.

2. CV ( Curiculum vitae ) ; lembar ini berisi tentang informasi detail dirimu bisa juga informasi tentang bisnis secara spesifik

3. Galeri, Dokumentasi Hasil Pencapaian, Sertifikat dan Lampiran Ijazah, jika portofolio tersebut personal.

    Secara garis besar dengan memiliki portofolio digital dizaman digital seperti saat ini sangat memudahkan bagi siapapun yang ingin meningkatkan insight didunia digital baik untk kepentingan pekerjaan maupun bisnis.

Apa saja bentuk portofolio digital ?

    Nah, jika jaman dulu portofolio begitu begitu aja. Umumnya yang kita tahu diketik dikertas atau dibuat sebuah dokumen word / pdf dan dilengkapi gambar gambar pendukung . Kini portofolio digital dapat dibuat dan dikembangkan secara online. Contohnya ;


1. Linkedin

   Aplikasi ini dibangun pertama kali oleh Reid Hoffman's pada 2003 dan pada 2016 menjadi bagian dari Microsoft melalui proses akuisisi. Dikutip dari halamanya, Linkedin merupakan jaringan profesional terbear didunia dengan 1 miliar akun dan tersedia di 200 negara didunia.

Bagi yang ingin mencobanya silakan mendaftar akunnya Disini


2. Landing page 

    Selain Linkedin diatas, kamu juga bisa mencoba membuat protofoliomu menarik dengan landingpage ini. saat ini terdapat banyak pilihan website yang dapat kamu manfaatkan untuk membuat portofolio seperti linkthree, bio.link, s.id dan lain sebagainya. Btw ngomongin landing page.Ini dia contohnya.




Yang mau lihat Live nya 

    

    Ini saya buat menggunakan microsite dari platform S.id, bagi yang tertarik ingin mencobanya DisiniUntuk platform linkthree dan lain-lain silakan bisa dicoba sendiri langsung ke webnya.

    Landing page sendiri ada berbagai macam versi selain melalui platform juga bisa dibangun dengan hosting dan server sendiri. Jika kalian punya budget lebih boleh tuh dicoba.

3.Website 

    Opsi yang ketiga, kamu juga bisa bikin portofolio menggunakan website atau blog. Namum perlu diingat untuk yang satu ini perlu sedikit anggaran yang harus dikeluarkan untuk menyewa hosting dan domain jika menginginkan web yang premium dan biaya lain-lain seperti membeli template.

    Saat ini ada berbagai platform yang menyediakan jasa membuat web maupun landing page yang lebih pro seperti hostinger, rumahweb, wix, wordpress dan lain - lain.


    Bagaiman tertarik untuk mencobanya ? dengan memiliki portofolio digital. Kamu tidak akan kesulitan untuk memberikan refrensi tentang dirimu maupun bisnismu. Bagikan saja linknya.


      Selamat mencoba and have fun  guys :)



Penting Banget Punya Portofolio Digital. Ini Manfaatnya Penting Banget Punya Portofolio Digital. Ini Manfaatnya Reviewed by avan on April 28, 2024 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.