PASANG IKLAN DISINI 728 x 90

H. Zawawi : Kesederhanaan Santri Kampung Melayani Kiai

 

Foto Cover Buku Zawawi. Sumber : Penerbit Cipta

    H.Zawawi lahir dan besar di sebuah desa bernama Sidogiri yang terletak di Kabupaten Pasuruan. Berdasarkan dari cerita yang didapatkan dari wawancara. Haji Zawawi adalah tetangga Pondok Pesantren Sidogiri, dari penuturanya. Ia bukan keluarga Pondok Pesantren Sidogiri namun sejak kecil. Zawawi muda menimba ilmu agama kepada kiai - kiai di Pondok Pesantren Sidogiri ( Santri Kalong ).

Rumahnya yang berjarak sekitar 20 meter dari pintu utama pertama Pondok Pesantren Sidogiri. Zawawi diperintahkan menjadi Muadzin Pondok Pesantren Sidogiri sejak kepemimpinan pesantren saat itu Kia Sa'dullah ( 1922 - 1972 M ). Saat itu usia Zawawi masih 25 tahun.

H. Zawawi yang sudah bulat menekatkan diri, Lillahita'allah berkhidmah kepada kiai Sidogiri, meskipun Zawawi pernah dihukum tidak boleh adzan selama lima tahun oleh KH. Sadoellah lantaran pernah meninggalkan kewajiban tanpa izin dari adzan dzuhur tidak membuat hati Zawawi berkecil hati dan tetap mengikuti jamaah sholat di Masjid Sidogiri seperti biasa.

Haji Zawawi bukanlah santri yang superioritas namun begitu tulusnya niat Zawawi selalu mendapatkan tempat dihati pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.

Suatu ketika pada saat kepemimpinan Kiai Cholil, diceritakan. Haji Zawawi baru saja selesai melaksanakan jamaah ibadah sholat seperti biasa, lalu kemudian dipanggil oleh Kiai Cholil. Kiai Cholil meminta tolong, Haji Zawawi untuk memijat pundaknya. Beberapa saat kemudian ia diberi uang oleh Kiai Cholil.

Sebuah hikmah yang dapat diambil dari kisah perjalanan Haji Zawawi yang Istiqomah menjadi muadzin di Masjid Sidogiri berawal dari penyesalan kenakalan remajanya. Seperti pemuda umumnya saat itu. Namun setelah semua itu, ia menawarkan diri untuk menjadi muadzin kepada Kiai Sadullah. 

Ia tidak pernah mengeluh atas apapun yang akan terjadi kepada dirinya, hanya saja Haji Zawawi tetap fokus menjalankan amanah kiai menjadi Muadzin Sidogiri hingga kelak akhir hayatnya. Diusianya kini yang sudah hampir menyentuh 90 tahun.

Tidak pernah absen kecuali ada udzur syar'i atau saat Haji Zawawi sedang menjalankan Ibadah Umroh dan Haji. Tidak ada santri yang menggantikannya selama Haji Zawawi masih hadir berseruh kepada Umat Islam bahwa waktu ibadah sholat sudah tiba.






H. Zawawi : Kesederhanaan Santri Kampung Melayani Kiai H. Zawawi :  Kesederhanaan Santri Kampung Melayani Kiai Reviewed by avan on April 21, 2024 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.