PASANG IKLAN DISINI 728 x 90

Nama - Nama Desa Viral Di Indonesia

  


Jika pada umumnya nama suatu daerah atau desa disandarkan turun – temurun dari masyarakat yang hidup dimasa lampau atau pemberian nama seseorang yang pertama kali menemukan dan menempati daerah tersebut, namum terkadang beberapa nama tersebut membuat orang yang baru mendengar pertama kali bingung, atau malah ketawa karena dianggap aneh dan tidak lazim.




Dikabupaten Gresik, Propinsi Jawa Timur. Sebuah desa diberi nama   Duduksampean. Apabila diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia, sekilas berarti “ Bukan anda. ” Tak hanya desa, kecamatan desa tersebut juga bernama Duduksampean. Seacara geografis Kecamatan Duduksampean berbatasan langsung dengan Kabupaten Lamongan disebelah Barat.


Selain desa Duduksampean ada pula desa yan diberi nama Desa Cawet yang berada di Kecamatan watukumpul. Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. Bagi yang tidak tahu artinya mungkin akan menganggap biasa saja, namun tahukah anda. Cawet merupakan penyebutan lain dalam Bahasa Jawa yang berarti celana dalam. 



Dikutip dari sumber yang dilansir oleh JurnalPemalang.co.id pada 08/02/2020. Taufik Saleh, kades setempat mengatakan, istilah Cawet merupakan singkatan dari dua suku kata Bahasa Sunda, yakni Cai dan Awet. Masing – masing bermakna air abadi. Ini karena memang didesa tersebut terdapat sumber mata air yang digunakan untuk mesuplai kebutihan air warga desa, sehingga tak pernah kesulitan air bersih meski saat musim kemarau.


Sumber lain , Gemari.id menulis. Desa Cawet  tercatat sejak 196 tahun yang lalu. Pada tahun 1820 an. Pemimpin atau bisa disebut sebagai kepala desa waktu itu bernama Ki Lurah Cawing Tali. Dari nama itu lurah tersebut kemudian oleh masyarakat dikonotasikan menjadi Desa Cawet  yang diwariskan secara turun temurun.


Lokasinya yang berada diperbukitan  dikelilingi hutan dan perkebunan hijau milik warga. Saat namanya viral. Desa ini banyak dikunjungi wisatawan dari luar daerah karena penasaran dengan namanya yang unik, meskipun tidak memiliki ikon wisata utama, namun Jembatan Pelangi yang menghubungkan desa ini dengan desa lainya bisa dijadikan spot foto alternatif .

 



Tidak hanya di Gresik dan Pemalang, menyebrang pulau. Tepatnya di  pulau Madura, masih bagian dari propinsi Jawa Timur ada desa yang diberi nama Desa Toket, Kecamatan Propo Kabupaten Pamekasan. Entah apa maksudnya. Dalam istilah gaul Bahasa Indonesia. Toket sendiri digunakan untuk menyebut payudara perempuan. Tahukah anda, meskipun namanya unik. Desa ini terkenal menjadi salahsatu desa penghasil Batik original dari Pulau Madura.

Editor : Avan

 

 

Nama - Nama Desa Viral Di Indonesia Nama - Nama Desa Viral Di Indonesia Reviewed by avan on Oktober 18, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.