PASANG IKLAN DISINI 728 x 90

Istilah Produk Jurnalistik Media Masa Dan Online

Foto Ilustrasi Istimewa. 

Laju transformasi digital yang begitu cepat, belakangan telah mempengaruhi perkembangan Dunia Pers baik media cetak, elektronik hingga online. Mau tidak mau harus mengikuti perkembangan jaman. 


Seiring dengan itu. Ada istilah - istilah baru yang bermunculan menjadi khasanah di era media online yang semakin menjamur serta semakin banyak pula platform dan saluran digital berbasis aplikasi yang dapat dijadikan sarana penyaluran produk jurnalistik, seperti halnya Youtube dan blog selain website yang masih menjadi saluran utama. 


Seringkali kita melihat dan mendengar istilah - istilah tersebut, namun tidak semua orang yang mengetahui apa maksud dari beberapa istilah itu. 


Berita Utama. 


Berita Utama, merupakan pokok berita yang ditampilkan  pada halaman depan, berisi peristiwa penting dan aktual yang sedang terjadi. Biasanya berupa Straight News, In Depth News maupun fitur. Menurut pertimbangan redaksi berdasarkan beberapa faktor, seperti minat pembaca, nilai jual berita dan lain sebagainya. 


Flash News. 


Di era digital yang serba istan. Informasi yang serba cepat. Istilah Flash News populer sebagai cara penyajian berita terbaru baik Internasional, Nasional maupun Daerah. Umumnya disajikan secara ringkas namun tetap mengandung unsur 5 W + 1 H. 


Straight News. 


Berita yang ditulis berdasarkan dari  sebuah peristiwa aktual dan faktual sama halnya dengan flash news. Straight News dalam istilah lain dikenal dengan Hot News. Isi dalam berita straight news mengandung 5 W + 1 H. 


In Dept News. 


In depth news, ditulis sebagai lanjutan straight news. Pada jenis ini pola berita berbentuk balok. Narasi dari awal hingga akhir merupakan isi penting dari sebuah pemberitaan. 


Tujuan dari In Dept News mengupas permasalahan sebuah kasus atau peristiwa yang sebelumnya diberitakan ( Straight News ) secara mendalam untuk mendapatkan pencerahan dari peristiwa tersebut. 


Biasanya, bentuk pertanya pada In Depth News lebih mengarah pada Kenapa dan bagaimana. Disini juga seringkali memunculkan opini ahli atau narasumber terhadap suatu peristiwa. Contohnya berita Investigasi. 


Features / Fitur. 


Features merupakan ragam tulisan dengan bahasa yang ringan dan berasal dari sebuah peristiwa aktual yang ditulis secara deskritif dengan maksud menggugah emosional pembaca tanpa harus terikat 5 W+1 H namun merupakan sebuah realita yang tidak memiliki batas relevansi waktu. 


Opini. 


Kolom opini menjadi hal lumrah dimedia pers sebagai pelengkap berita utama. Opini berfungsi sebagai alternatif bacaan selain kolom yang tersedia. Opini bisa saja ditulis oleh seorang wartawan, jurnalis, ahli atau masyarakat yang memuat argumentasi sebuah peristiwa disertai dengan data dan sumber yang relevan. 


Infografis dan Ilustrasi. 


Infografi bertujuan menyederhanakan data - data tersebut dalam sebuah grafis atau gambar yang menarik dalam meyajikan sebuah data sehingga mudah untuk dicerna dari suatu pemberitaan yang memuat banyak data dan panjang apabilah harus ditulis melalui sebuah narasi. 


Begitu juga dengan ilustrasi. Terkadang ada peristiwa yang tak layak atau tidak bisa menampilkan gambar sebuah peristiwa terjadi, misalnya kasus pemerkosaan. Ilustrasi berperan sebagai penjelas melalui sebuah gambar perumpamaan yang tidak menampilkan secara vulgar. 


Cover Both Side. 


Secara sederhanana dapat diartikan sebagai pemahaman komprehensif dalam menulis  berita.

Seorang jurnalis dituntut bersikap netral pada saat menulis sebuah berita, terutama, ketika menemui suatu peristiwa yang menyebabkan pro - kontra. 

Cover both side sangat berperan sebagai idependensi seorang jurnalis. Mampu menghadirkan dua sudut pandang tanpa berat sebelah kedalam sebuah karya jurnalistik. 



Advetorial. 


Advetorial merupakan kolom yang memiliki tujuan utama " Iklan " Dikemas dalam bahasa jurnalistik sehingga memperhalus makna iklan tersebut menjadi sebuah berita atau artikel. 


Netizen Report. 


Pemberitaan kiriman, sebuah kontribusi berasal dari masyarakat yang memiliki nilai informasi penting dari suatu peristiwa dan layak untuk dipublikasikan melalui penyaringan tim redaksi terlebih dahulu sebelum ditayangkan dengan memperhatikan kaidah jurnalistik serta keabsahan sumber berita. 



Kewajiban Pers. 


Didalam undang - undang Pers. Nomor 40 tahun 1999, mengatur tentang Pers pada Bab II, pasal 5, ayat 2 dan 3 . Lembaga Pers wajib melayani Hak Jawab dan Hak Koreksi sesuai amanat undang - undang. 


Namun, apa yang dimaksud dengan Hak Jawab dan Hak Koreksi menurut pengertian Dewan Pers ? 


Hak Jawab. 


Hak Jawab adalah hak yang  diberikan kepada pihak yang merasa dirugikan oleh suatu pemberitaan. 


Hak Koreksi. 


Hak membetulkan kekeliruan informasi yang diberitakan oleh Pers baik menyangkut pribadi maupun orang lain. 


Istilah Produk Jurnalistik Media Masa Dan Online Istilah Produk Jurnalistik Media Masa Dan Online Reviewed by avan on Oktober 11, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.